Kedutaan Besar Ukraina

Wednesday, January 11th, 2017 - Uncategorized

Duta Besar : H.E. Mr. Serhii Tarhonii

Alamat Kedutaan :
Mayapada Tower 2, 8th Lantai
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 27
Setiabudi, Jakarta Selatan 12920
Phone: (00 6221) 250 08 01
Fax: (00 6221) 250 08 02

Ibu kota : Kiev

Ukraina adalah sebuah negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia di timur dan timur-laut; Belarus di barat-laut; Polandia dan Slowakia di barat; Hongaria, Rumania, dan Moldova di barat-daya; Laut Hitam di selatan; dan Laut Azov di tenggara. Ukraina dan Rusia sekarang ini sama-sama memperebutkan Semenanjung Krimea yang dicaplok oleh Rusia pada tahun 2014, meskipun demikian Ukraina dan banyak komunitas internasional mengakuinya sebagai bagian dari Ukraina. Beserta Krimea, Ukraina memiliki wilayah seluas 603.628 km², yang membuatnya sebagai negara terluas di Eropa dan terluas ke-46 di dunia. Sedangkan populasi sejumlah 44,5 juta jiwa menjadikan Ukraina sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.

Ukraina menggunakan sistem pemerintahan semi-presidensial dan saat ini di pimpin oleh :
Presiden : Petro Poroshenko
Perdana Menteri : Volodymyr Groysman

Ukraina adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang menganut sistem semipresidensial dengan trias politica: legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pusat negara dan kota terbesarnya adalah Kiev. Ukraina memelihara militer terbesar kedua di Eropa, setelah Rusia, jika personel cadangan dan paramiliter turut dihitung. Negara ini adalah rumah bagi 45,4 juta manusia (termasuk Krimea),[15][16] 77,8% di antaranya adalah bangsa Ukraina berdasar etnisitas, diikuti oleh bangsa Rusia yang menjadi minoritas dominan (17,3%) juga bangsa Rumania/Moldova, Belarus, Tatar Krimea, dan bangsa Hongaria.

Bahasa Ukraina adalah bahasa resmi Ukraina; abjadnya adalah aksara sirilik. Agama utama di negara ini adalah Katolik Ortodoks, yang sangat memengaruhi arsitektur, sastra, dan musik Ukraina.

Baca Juga :

Kedutaan Besar Ukraina | admin | 4.5