Kedutaan Besar Swedia

Tuesday, January 10th, 2017 - Uncategorized

Duta Besar : H.E.Mrs. Ewa Ulrika Polano

Alamat Kedutaan :
Menara Rajawali, 9th Floor, Jl. Mega Kuningan Lot No. 5.1, Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950, (PO Box 2824, Jakarta 10001)
Telp. : (62-21) 25535900, 576-2690
Fax. : (62-21) 5762610, 576-2691
Email : sweden@cbn.net.id
Website : www.swedemb-jakarta.com/

Ibu kota : Bern

Swedia , nama resminya Kerajaan Swedia adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur. Swedia terhubung dengan Denmark melalui sebuah jembatan-terowongan melewati Öresund. Dengan luas 450,295 square kilometer (173,860 sq mi), Swedia adalah negara terluas ketiga di Uni Eropa, dengan total penduduk sekitar 9,8 juta jiwa.[3] Swedia memiliki kepadatan penduduk rendah dengan 21 inhabitants per square kilometer (54 /sq mi), sebagian besar penduduk tinggal di setengah belahan selatan negara. Sekitar 85% penduduk tinggal di kawasan perkotaan.[4] Swedia Utara sebagian besar merupakan kawasan pertanian, sedangkan di utara sebagian besar hutan. Swedia bagian dari kawasan geografi Fennoscandia.

Swiss menggunakan sistem pemerintahan monarki konstitusional dan saat ini di pimpin oleh :
Raja : Carl XVI Gustaf
Perdana Menteri : Stefan Löfven

Swedia telah merupakan sebuah kerajaan selama hampir satu milenium. Sistem perpajakannya diatur oleh Riksdag (parlemen). Riksdag terdiri dari empat majelis, terdiri dari wakil-wakil dari 4 kategori: masyarakat awam, bangsawan, klerik, dan townsmen, sampai 1866 ketika Swedia menjadi monarki konstitusional dengan sebuah parlemen bikameral. Majelis pertamanya dipilih langsung dalam pemilihan nasional setiap empat tahun.

Swedia adalah negara terkaya ketujuh di dunia menurut PDB (pendapatan domestik bruto) per kapita dan tingginya standar hidup yang dirasakan oleh warga negaranya. Swedia adalah negara ekonomi campuran berbasis ekspor. Kayu, tenaga air dan bijih besi adalah sumber daya alam utama. Sektor rekayasa di Swedia menyumbang 50% keluaran dan ekspor, sedangkan telekomunikasi, otomotif, dan farmasi juga sangat penting. Swedia adalah pengekspor senjata terbesar kesembilan di dunia. Pertanian menyumbang 2% PDB dan angkatan kerja. Negara ini berada di posisi tertinggi untuk penetrasi akses telepon dan internet.

Baca Juga :

Kedutaan Besar Swedia | admin | 4.5