Kedutaan Besar Negara Vatican

Kedutaan Besar Negara Vatican

Nama Negara:

Stato Città del Vaticano, (The Vatican City State/ Negara Kota Vatikan, dibentuk melalui Traktat Lateran (Lateran Treaty) yang ditandatangani pada tahun 1929 antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci, Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia, Benito Mussolini.

Negara Kota Vatikan diakui sebagai badan politik yang menjamin Takhta Suci sebagai institusi tertinggi dalam Gereja Katolik sedunia dan sebagai negara berdaulat.

Nama Pemerintahan;

Santa Sede atau the Holy See atau Takhta Suci.

Kepala Negara;

Paus (the Holy Father).

Paus sekarang ini adalah Benediktus XVI, diangkat sebagai Paus pada tanggal 19 April 2005. Nama asli sebelum diangkat Paus adalah Kardinal Joseph Ratzinger, berasal dari Jerman. Jabatan sebelumnya adalah Kardinal, pemimpin Kongregasi untuk Doktrin Keimanan.

Bendera;

Vatikan memiliki bendera berbentuk persegi panjang, terbagi secara vertikal menjadi dua warna, kuning dan putih. Di tengah bagian yang berwarna putih terdapat lambang Vatikan.

Lambing Negara;

Berbentuk Mahkota Kepausan berwarna keemasan, bertingkat tiga dengan sebuah salib kecil di atasnya dan berhias selendang. Tiga tingkat mahkota tersebut melambangkan otoritas Paus. Mahkota pertama, Paus sebagai Wakil Yesus di dunia, kedua merupakan otoritas kekuasaan pemerintahan dan ketiga sebagai guru/ penggembala umat dunia.

Dua kunci Santo Petrus yang bersilang, melambangkan penyerahan tugas dan tanggungjawab dari Jesus kepada Saint Peter sebagai Paus pertama. Dua kunci tersebut mempunyai warna yang berbeda, satu berwarna emas melambangkan kekuatan Surga (pembuka pintu surga) dan yang lain berwarna perak sebagai otoritas spiritual Paus untuk urusan dunia.

Letak/ Luas :

Negara Kota Vatikan terletak di wilayah kota Roma bagian Barat dengan  luas keseluruhan 44 hektar, dengan panjang 1.045 m dan lebar 850 m yang dibatasi oleh tembok tinggi.Selain wilayah Negara  Kota Vatikan    yang  tersebut diatas, masih ada juga berbagai wilayah dan gedung   yang   terletak di dalam wilayah Italia  yang  merupakan  bagian  integral  Negara   Kota  Vatikan dengan sebutan ‘wilayah ekstrateritorial’ yang luasnya 700 ribu meter per segi.

Penduduk/ warga Negara:

Penduduk Vatikan seluruhnya  berjumlah sekitar 1.000 orang dan menetap di sana karena pekerjaan  dan jabatan. Penduduk Vatikan terdiri dari berbagai warga negara, dimana mayoritas adalah warga negara Italia.

Mata Uang:

Sesuai perjanjian dengan Pemerintah Italia, mata uang yang berlaku di Italia berlaku juga di Vatikan. Sejak tahun 2002 mata uang Euro yang dipergunakan. Namun demikian, Vatikan mencetak mata uang logam hanya sebagai cinderamata.BAHASA:Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Italia.

Lembaga Negara :

Sri Paus adalah Kepala Negara Kota Vatikan dan Kepala Pemerintahan Takhta Suci. Kekuasaan tertinggi di Vatikan bersifat monarki yang dipilih secara absolut, teokratis dan patrimonial serta mempunyai kekuasaan penuh dalam hal legislatif, eksekutif dan yudikatif. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Negara, Paus dibantu oleh Komisi Kepausan  Negara  Kota  Vatikan.

Politik Dalam Negara:

Politik dan Negara Vatikan adalah politik keagamaan, yang tidak hanya menyangkut wilayah dan penduduk yang berada di Negara Kota Vatikan, tetapi juga berkaitan erat dengan kehidupan agama umat Katolik di seluruh dunia. Dengan kata lain, politik dalam negeri Vatikan dapat dikatakan sebagai suatu usaha dari Takhta Suci Vatikan untuk melayani dan mengayomi umat Katolik agar tetap berada pada jalur keimanannya, dapat mempertahankan disiplin dan hirarki Gereja, serta menangani berbagai hal yang berkaitan dengan doktrin dan dogma agama Katolik.

Politik Luar Negeri :

Takhta Suci Vatikan telah menjalin hubungan diplomatik dengan 176 negara di dunia. Suatu jumlah yang tidak kecil bagi Negara Kota Vatikan. Namun seperti telah dikemukakan pada bagian sebelumnya, bahwa lingkup pengaruh Takhta Suci Vatikan amat luas, melampaui batas-batas negara dan benua, hingga eksistensinya bukan hanya diakui, namun juga mendapat tempat yang terhormat di mata internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *