Kedutaan Besar Negara Uzberkistan

Kedutaan besar Negara Uzberkistan

Uzbekistan adalah negara berbentuk Republik dengan sistem pemerintahan Presidensil Parlementer. Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan adalah Presiden Islam Karimov (sejak 27 Desember 1991).

Prinsip-prinsip dasar negara Uzbekistan adalah mengembangkan demokrasi, meningkatkan realisasi reformasi dan membangun masyarakat madani, agar Uzbekistan dapat berdiri sejajar dengan negara-negara demokratis yang sedang berkembang, namun dengan tetap mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya Uzbekistan.

Kepala Negara adalah presiden yang dipilih melalui umum dengan masa jabatan lima tahun (Amandemen UU Pemilu 5 Desember 2011). Pemilu Presiden dilaksanakan 90 hari setelah Pemilu Parlemen (Amandemen UU Pemilu Presiden 23 Maret 2012). Masa bakti seorang Presiden tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan. Selama menjabat, seorang Presiden tidak boleh memegang jabatan lain, menjadi perwakilan lembaga atau terlibat kegiatan komersial. Presiden

memiliki kekebalan hukum. Seorang Presiden resmi menjabat jabatannya setelah mengucapkan sumpah jabatan di depan sidang gabungan Senat dan Dewan Legislatif Oliy Majlis (Parlemen). Presiden tidak berwenang mengalihkan sebagian kekuasaannya kepada badan atau lembaga negara. Jika Presiden tidak dapat menjalankan tugasnya maka Ketua Senat akan menjadi acting Presiden sampai terpilihnya Presiden yang baru (Amandemen Konstitusi Maret 2011).

Proses demokratisasi juga terlihat saat Uzbekistan kembali menggelar pesta demokrasi untuk memilih 84 (delapan puluh empat) Anggota Senat (Upper House) Oliy Majlis yang dilakukan melalui voting tertutup di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di 12 provinsi, Ibukota Tashkent dan Republik Otonomi Karakalpakstan untuk memilih 6 orang perwakilan dari masing-masing daerah yang akan duduk di kursi Senat Oliy Majlis. Adapun 16 orang Anggota Senat lainnya dipilih langsung oleh Presiden.

Pesta demokrasi terakhir adalah Pemilu Presiden yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2015 dan diikuti oleh empat kandidat Capres. Kelancaran proses demokratisasi juga dipengaruhi oleh situasi dalam negeri yang terbilang cukup aman dan kondusif, meskipun ancaman gerakan ekstrimisme/aksi radikalisme di dalam negeri masih menjadi perhatian khusus.

Pada tanggal 4 Desember 2016 mendatang, Pemilu Presiden akan diselenggarakan di Uzbekistan untuk menggantikan mendiang Islam Karimov yang meninggal tanggal 2 September 2016. Menurut Pasal 96 Konstitusi Uzbekistan, jika Presiden berhalangan tetap atau meninggal maka tugas-tugas Presiden akan dilaksanakan oleh Ketua Senat.

Namun pada tanggal 8 September 2016, dalam Sidang Gabungan Dewan Legislatif dan Senat Oliy Majlis, Ketua Senat yang saat itu menjabat sebagai Acting Presiden mengundurkan diri sebagai Acting Presiden dan mengusulkan PM sebagai Acting Presiden dengan alasan pengalaman PM yang sudah mumpuni dalam mengelola pemerintahan. Acting Presiden saat ini dijabat oleh PM Shavkat Miromonovich Mirziyoyev.

Nama resmi Negara : Republik Uzbekistan
Bentuk Negara : Republik
Ibu kota : Tashkent
Luas Wilayah : Total 447.400 km2
Jumlah Penduduk : 31.025.500
Lagu Kebangsaan : The State Anthem of the Republic of Uzbekistan
Agama : Islam 88% (sebagian besar Suni), Orthodox Rusia 9%, lainnya 3%
Bahasa Resmi : Uzbek (official), Rusia dan Tajik
Mata Uang : 1 US$ = 3.097 Uzbekistan Sum / UZS
Hari kemerdekaan/nasional : 1 september 1991
Sistem Pemerintahan : Presidensil Parlementer
Nama kepala Negara : (presiden : Shavkat Miromonovich Mirziyoyev)
Nama mentri luar negri : Abdulaziz Khafizovich Kamilov
Nama duta besar Uzbekistan untuk RI : Shavkat Jamolov
GDP : US$ 66,73 Miliar (2015)
GDP per kapita : US$ 2.150 (2015)
Komoditas Ekspor Utama : Emas, kapas, minyak dan gas, mobil.
Komoditas Impor Utama : Mesin industri dan perlengkapannya, obat-obatan, bahan-bahan kimia dan makanan.
Iklim : Sebagian besar “gurun dengan mid-latitude climate”, musim panas, winter; semiarid grassland di bagian Timur Uzbekistan”.
Daratan : Sebagian besar gurun pasir yang flat yang terhubung dengan aliran sungai yang mengalir sepanjang wilayah Amu Darya, Syr Darya (Sirdaryo), dan Zarafshon; Sedangkan lembah Fergana di sebelah Timur dikelilingi pegunungan Tajikistan dan Kyrgyzstan; dan laut kering “Aral Sea” di sebelah Barat.
Puncak Tertinggi : Adelunga Toghi 4,301 m
Lembah terendah : Sariqamish Kuli -12 m
Sumber Daya Alam : Gas Alam, minyak bumi, batubara, emas, uranium, perak, tembaga, timah, zinc, molybdenum.

Baca juga: Kedutaan Besar Negara Gambia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *