Kedutaan Besar Negara Trinidad & Tobago

Kedutaan Besar Negara Trinidad & Tobago

Trinidad maupun Tobago pada awalnya dihguni oleh Amerindiand yang berasal dari Aamerika Selatan Kedua pulau ini ditemukan oleh Colombus pada tahun 1498. Tobago sendiri secara bergantian dijajah oleh Inggris, Prancis, Belanda dan Courlanders tetapi akhirnya dalam periode yang lama dijajah oleh Inggris.

Sementara Trinidad berada dalam jajahan Spanyol sampai tahun 1797. Pada tahun 1888, dua pulau ini bergabung menjadi satu dibawah kekuasaan Kerajaan Inggris Raya. Pada tahun 1962, Trinidad dan Tobago memperoleh kemerdekaannya dari Inggris dan menjadi negara Republik pada tahun 1976.

Trinidad dan Tobago memiliki 2 tradisi, yaitu Creole dan East Indian. Creole adalah campuran Afrika, Spanyol, Perancis dan budaya Kolonial Inggris. East Indian berasal dari India pada mulanya adalah para pesuruh yang dibawa ke Trinidad sebagai pengganti budak Afrika tahun 1833. Umumnya menguasai sektor perkebunan, termasuk agama Hindu
dan Islam.

Trinidad dan Tobago masuk dalam kategori wilayah transit jalur perdagangan obat terlarang, pencucian uang dan kejahatan tingkat tinggi yang melibatkan polisi dan sering mengancam industri pariwisatanya. Atas dukungan komunitas internasional, Trinidad dan Tobago pernah ditunjuk sebagai tuan rumah Carribean Court of Justice, menggantikan Dewan Privy Inggris. Dewan ini mendapat kesulitan dalam menerapkan hukuman mati yan gpernah dijalankan tahun 1999.

Perekonomian Trinidad & Tobago banyak dipenuhi oleh industry petroleum, termasuk di sector peristiwa dan kegiatan import Pariwisata berkembang dengan baik namun tidak secara proporsional dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kepulauan Karibia. Produk utama pertanian Trinidad dan Tobago adalah sitrus dan coklat.

Hubungan bilateral Indonesia – Trinidad & Tobago masih terbatas pada forum-forum multilateral. Dalam hubungan ini, kedua belah pihak telah bekerja sama dengan baik dan saling memberikan dukungan politis secara timbal balik, khususnya dalam permintaan dukungan untuk jabatan-jabatan tertentu di beberapa organisasi internasional.

Pada tanggal 12 oktober 1973, Indonesia dan Trinidad & Tobago telah menjalankan hubungan politik secara resmi dengan perwakilan RI untuk Trinidad & Tobago dirangkap oleh KBRI Caracas sejak tahun 1979 (pada mulanya dirangkap oleh PTRI New York). Sedangkan perwakilan Trinidad & Tobago untuk Indonesia dirangkap oleh Kedutaan Besarnya di New Delhi. Hubungan bilateral kedua negara, saat ini relatif baik meskipun masih terbatas pada kerjasama di berbagai forum internasional/multilateral.

Keterangan Dasar
Nama resmi: Republik Trinidad dan Tobago
Ibukota: Port of Spain
Bentuk negara: Republik
Sistem pemerintahan: Republik
Kepala Negara/Pemerintahan:
Presiden: George Maxwell Richards
Perdana Menteri: Patrick Manning
Lagu Kebangsaan: Forged From The Love of Liberty
Hari nasional: 31 August 1962
Motto: “Together we aspire, together we achieve”
Letak Geografis: Republik Trinidad dan Tobago adalah sebuah negara kepulauan di Laut Karibia bagian Selatan, 11 km dari persisir Venerzuela, sebelah selatan laut Lesser Antilles Grenada.
Perbatasan : Trinidad dan Tobago berbatasan laut dengan negara lain yaitu Barbados dan Guyana di sebelah Tenggara, dan Venezuela di sebelah barat dan selatan
Luas Wilayah: 5,128 km2
Penduduk: 1,305,000 orang (Juli 2005)
Bahasa resmi: Inggris
Agama: Katolik Roma (26%), Hindu (22%), Anglikan (8%), Islam (5%), Advent (4%), Presbyterians, Jehovah’s Witnesses, dan Methodists
Kelompok Etnis: Afrika, India, Venezuela, Spanyol, Perancis, Portugis, China, Inggris, Lebanon, Syria, Karibia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *