Kedutaan Besar Negara Sri Lanka

Profil Negara Sri Lanka

Nama Resmi : Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka
Ibukota : Sri Jayawardenapura Kotte
Pemeritanah : Republik Semi-Presidensial
Luas Wilayah : 65.610 km2
Jumlah Penduduk : 20.675.000 jiwa.
Agama : Budha, Hindu, dan sebagian Kristen serta Islam
Bahasa : Sinhala dan Tamil
Kemerdekaan : 4 Februari 1948
Perkapita : $3.818/tahun.
Mata Uang : Rupee Sri Lanka
Lagu Kebangsaan : Sri Lanka Matha

Pemerintahan Sri Lanka

Sri Lanka adalah sebuah Negara persemakmuran yang memiliki bentuk Negara Republik, Kepala pemerintahannya adalah seorang presiden yang dipilih untuk masa jabatan selama enam tahun. Kemudian Presiden mengangkat seorang perdana menteri dan anggota kabinet. Pengangkatan ini berdasarkan suara terbanyak dari hasil pemilihan umum. Negara ini menganut sistem multi partai. Sejak negara ini memperoleh kedaulatan pada tahun 1948, Partai Kemerdekaan Sri Lanka hampir selalu mendominasi pemilihan umum yang diadakan. Partai oposisinya yang paling dominan adalah United National Party.

Penduduk Sri Lanka

Penduduk Sri Lanka saat ini diperkirakan sebanyak 20.675.000 jiwa dan terdiri atas berbagaii etnis seperti Suku Sinhala berjumlah sekitar 75% yang mayoritas beragama Budha, selanjutnya ada etnis Tamil sekitar 18% yang mayoritas beragama Hindu, dan sisanya adalah etnis beragama muslim seperti etnis Moor, Burgher, dan Wanniyala. Sebagian besar penduduk Sri Lanka beragama Buddha, sebagian Hindu dan lainya kristen dan muslim. Mayoritas penduduk Sri Lanka menggunakan bahasa Sinhala dan Tamil untuk berkomunikasi sehari-hari.

Perekonomian Sri Lanka

Perekonomian Sri Lanka bertumpu pada ekspor produk pertanian. Selain itu, negara ini juga dikenal sebagai negara pengekspor teh terbesar kedua di dunia. Komoditi ekspor lainnya adalah tekstil dan produk garmen, rempah-rempah, hasil laut, karet dan produk olahannya, kelapa dan produk olahannya serta berbagai jenis batu mulia: safir, mirah delima, berlian, zamrud, giok, biduri laut, akik, opal dan sebagainya. Di bidang industri sendiri Sri Lanka banyak menghasilkan keramik dan porselen yang juga merupakan ekspor utama dari negeri ini. Pendapatan perkapita Sri Lanka saat ini telah mencapa $3.818/tahun.

Wisata Sri Lanka

Sri Lanka merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata terfavorit di Asia Selatan bagi para turis. Bentuknya yang hanya berupa pulau kecil tentu membuat negaraini berlimpa akan tempat-tempat wisata yang indah. Berikut beberapa tempat wisata menarik yang ada di Si Lanka.

1. Kota Colombo
Wisata menarik pertama yang dapat dikunjungi selama berada di Sri Lanka ialah Colombo yang merupakan kota terbesar dan metropolitan di Sri Lanka. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Sri Lanka tidak mengunjungi kota ini. Kota Colombo terletak di bagian pantai barat Sri Lanka dan berbatasan dengan ibu kota Sri Jayawardenapura Kottte. Meskipun begitu Colombo juga sering disebut sebagai ibukotanya Sri Lanka karena Sri Jayawardenapura Kotte adalah sebuah kota satelit di Kolombo.

2. Dambulla Cave Temple
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Kuil Gua Dambulla yang terletak tidak jauh dari Kolombo dan Kandy, kuil ini merupakan kuil terbesar yang ada di Sri Lanka. Di kuil ini terdapat menara batu dan gua. Di dalam gua, wisatawan dapat menemukan patung-patung dan lukisan unik. Selain itu selama berada di daerah kuil ini wisatawan juga dapat mengunjungi Gua Raja Besar, Gua Raja Ilahi dan Biara New Besar. Jika berlibur ke Sri Lanka wajib mengunjungi tempat ini ya.

3. Pantai Negombo
Jika mencari suasana pantai wisatawan wajib berkunjung ke Negombo yang dikeal sebagai kota pantai Sri Lanka. Negombo hanya berjarak sekitar 37 km dari Colombo. Sementara dari Bandara Naike International Airport Negombo hanya berjarak sekitar 6 Km. Itu sebabnya, Pantai Negombo menjadi favorit wisatawan karena mudah sekali dijangkau dari bandara. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di pantai ini ialah dengan berolahraga air seperti diving, cobalah untuk menyelami Kudapaduwa yang merupakan kapal karam berusia 50 tahun yang kini menjadi habitat ikan-ikan terumbu karang.

4. Polonnaruwa
Polonnaruwa merupakan destinasi wisata lainya yang ada di Sri Lanka letaknya berada di bagian utara negara Sri Lanka. Banyak tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di tempat ini seperti Lankatilaka Temple, Royal Palace dan Thuparama. Selain itu wisatawan juga dapat menemukan toko-toko ritel, restoran dan hotel untuk sekedar berbelanja dan menginap. Polonnaruwa juga ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

5. Kota Suci Kandy
Wisataa selanjutnya di Sri Lanka ialah Kota Suci Kandy dimana Wisatawan dapat menemukan situs menarik yang berbeda seperti Kuil Tooth, Danau Kandy hingga Istana Kerajaan Kandy. Di tempat ini juga terdapat banyak hotel untuk wisatawan meginapdan restoran untuk mencari makan dan bersantai. Kota Suci Kandy juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia lainya di Sri Lanka oleh UNESCO yang berada di Lembah Kandy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *