Kedutaan Besar Negara Meksiko

kedutaan-besar-negara-meksiko

Kedutaan Besar Negara Meksiko – Meksiko merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika Utara yang masuk kedalam sistem pemerintahan Republik Federal Presidensil. Sistem pemerintahan yang di anut negara ini merupakan sistem pemerintahan yang menjadi persekutuan beberapa negara bagian. Kepala negara dan pemerintahannya ialah seorang Presiden yang dipilih melalui pemilihan umum yang biasanya dilakukan 6 tahun sekali. Mexico City merupakan Ibukota dari Meksiko.

Negara ini memiliki nama lengkap yang cukup panjang yaitu Persatuan Negara – Negara Meksiko atau United Mexican States dan memiliki luas wilayah sebesar 1.964.375 km persegi dan total penduduk yang berada di Meksiko ini sebanyak 123.166.749 jiwa. Meksiko merupakan negara Ke-11 yang memiliki penduduk terbanyak di dunia. Penduduk di Meksiko ini mayoritas memeluk agama Katolik Roma yaitu sebanyak 82,7% dari total rakyat yang ada di negara tersebut. Bahasa yang digunakan di keseharian negara ini adalah bahasa Spanyol.

Berdasarkan letak geografi, Meksiko berada di 14° – 33° LU dan 86° – 117° BT . Meksiko berbatasan dengan negara Amerika Serikat di sebelah Utara dan berbatasan dengan negara Belize serta Guatemala. Disebelah Barat Meksiko merupakan Samudera Pasifik sedangkan disebelah Timur merupakan Teluk Meksiko dan Laut Karibia.

Semenjak tahun 2013, pertumbuhan ekonomi yang dimiliki negara ini selalu mengalami kenaikan dengan persentase 2% setiap tahunnya. Di tahun 2016 tercatat PDB (Pendapatan Domestik Bruto) di negara ini mencapai $ 2,307 triliun dengan pendapatan perkapitanya sebesar $18.900. Meksiko memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan 46 negara diluar meksiko.

Untuk segi industri, di Meksiko ada Industri Makanan dan Minuman, Produk Kimia, Tembakau, Industri Logam, Perminyakan, Tekstik dan Pariwisata. Meksiko juga masuk kedalam anggota PBB dan merupakan anggota APEC, G2O serta OECD.

Profil Negara Meksiko (Mexico)

Nama Lengkap : Persatuan Negara-negara Meksiko (United Mexican States)
Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Presidensil
Kepala Negara : Presiden Enrique PENA NIETO (sejak 1 Desember 2012)
Kepala Pemerintahan : Presiden Enrique PENA NIETO (sejak 1 Desember 2012)
Ibukota : Mexico City
Luas Wilayah : 1.964.375 km2
Jumlah Penduduk : 123.166.749 jiwa
Pertumbuhan Penduduk : 1.15%
Angka Kelahiran : 18,5 bayi per 1000 penduduk
Suku Bangsa/Etnis : mestizo (Amerindian-Spanish) 62%, predominantly Amerindian 21%, Amerindian 7%, Etnis lainnya 10% (Kebanyakan adalah suku bangsa Eropa)
Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol (bahasa Nasional)
Agama : Katolik Roma 82.7%, Pantekosta 1.6%, Jehovah’s Witness 1.4%, lainnya 14,3%
Mata Uang : Peso Meksiko (MXN)
Hari Nasional : 16 September 1810 (Hari Kemerdekaan; dari Spanyol)
Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional Mexicano” (National Anthem of Mexico)
Kode Domain Internet : .mx
Kode Telepon : 52
Pendapatan Per Kapita : US$ 18.900,-
Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 2,307 triliun
Lokasi : Benua Amerika Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *