Kedutaan Besar Negara Malaysia

Nama resmi : Malaysia

Bahasa resmi: Malaysia, inggis, cina ( kantong, mandarin, hokkien, hakka,Hainan,foochow) tamil, telugu, malayalam, Panjabi,thai.

Ibukota : Kuala lumpur

Luas wilayah (km2): 329.750

Populasi Malaysia per 2005 adalah 25.580.000. Bahasa resminya Melayu dan Inggris. Agama yang dianut para penduduk adalah Islam (60,4%), Buddha (19,2%), Kristen (9,1%), Hindu (6,3%), Konghucu/Tao/Agama Cina lainnya (2,6%), agama lainnya (2,4%). Komposit etnisnya Melayu dan asli melayu lainnya (65,1%), Cina (26%), India (7,7%), lainnya (1,2%).] – Malaysia terletak di 2 wilayah terpisah. Satu di barat di ujung semenanjung Malaya. Satu di timur yaitu di pulau Kalimantan (Indonesia). Di malaysia barat, utara berbatasan dengan Thailand, selatan dengan selat Malaka dan Selat Singapura, barat dengan Selat Malaka, dan timur dengan wilayah laut Cina Selatan. Di Malaysia timur, utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan, selatan dengan Indonesia, barat dengan Laut Cina Selatan, dan Timur dengan Laut Sulu. Batas darat dengan Brunei sepanjang 381 km, dengan Indonesia 2004 km, dan dengan Thailand 506 km. Garis pantai Malaysia adalah 4675 km.

Penduduk : 29.628.392 orang

Etnis: Melayu 50,4%; Cina 23,7%; asli 11%; India 7,1%; lainnya 7,8%.

Agama:    Islam (resmi) 60,4%; Buddha 19,2%; Kristen 9,1%; Hindu 6,3%; Konfusian; Tao; agama tradisional Cina lainnya 2,6%; lainnya 1,5%; tidak beragama 0,8%.

Jenis kekuasaan : Monarki konstitusional

Bentuk Negara : Federasi  Malaysia adalah federasi 13 negara bagian. Dalam konstitusi setiap negara bagian (negeri-negeri), konstitusi Malaysia harus dimuat terlebih dahulu sebelum konstitusi masing-masing negara bagian. Konstitusi negara bagian harus mengadopsi konstitusi federal. Ke-13 negara bagian Malaysia adalah: (1) Johor, (2) Kedah, (3) Kelantan, (4) Melaka, (5) Negeri Sembilan, (6) Pahang, (7) Perak, (8) Perlis, (9) Pulau Pinang, (10) Sabah, (11) Sarawak, (12) Selangor, dan (13) Terengganu. Selain itu terdapat 1 wilayah yang merupakan teritori federal yaitu (Wilayah Persekutuan) yang terdiri atas 3 wilayah pembentuk yaitu (1) Ibukota Kuala Lumpur, (2) Labuan, dan (3) Putrajaya.

System pamerintahan : Parlementer Malaysia menganut sistem parlementer model Westminster.

Sistem Pemerintahan Malaysia : Malaysia merupakan Negara yang berbentuk federasi. Dimana Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan yaitu persekutuan Kuala Lumpur, Labuan Island dan Putrajaya sebagai wilayah administratif federal. Setiap Negara bagian memiliki majelis, dan pemerintah negara bagian dipimpin oleh kepala menteri (chief minister) dimana kepala menteri di tiap Negara bagian diangkat oleh majelis Negara bagian.

 Kesimpulan:

Malaysia adalah Negara serumpan dengan Indonesia, yang berbentuk kerajaan. Di Negara Malaysia badan kerajaan terdiri atas tiga badan utama, yaitu badan perundangan, badan eksekutif, dan badankehakim.

Di Malaysia terdapat dua badan utama dalam badan kerajaan perundangan, yaitu dewan Negara dan dewan rakyat. Peran kedua dewan ini adalah membuat undang-undang kecuali undang-undang tentang keuangan.

Di Malaysia jabatan yang di pertuan agong dipegang oleh salah seorang sultan dari Negara bagian yang akan memegang kuasa selama 5 tahun dan akan di gantikan oleh sultan bergantungan pada keameangan partainya dalam pemilu.

Tempat hiburan di negara malaysia:

1.Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional (TN) Gunung Mulu terkenal karena struktur batu kapur yang luar biasa dan juga sistem gua yang fenomenal sehingga menjadikannya salah satu wisata alam paling manakjubkan di seluruh Asia Tenggara. Berlokasi di negara Serawak, TN ini memiliki sistem gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Salah satunya Sarawak Chamber, yang diperkirakan mampu menampung 40 pesawat Boeing 747

2.Langkawi

Terletak di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman, Langkawi adalah sebuah kepulauan yang memiliki pantai, hutan hujan, hutan bakau dan gunung yang indah. Hal ini membuat Langkawi menjadi salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling populer. Dalam beberapa tahun terakhir, resor, hotel, restoran dan fasilitas wisata lainnya telah berkembang pesat di Langkawi

3.Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, sebagai ibu kota negara Malaysia memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Saat berada di Kuala Lumpur jangan lupa untuk mengujungi Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur yang memiliki desain sangat unik, campuran antara arsitektur barat dan timur. Kapan lagi merasakan naik kereta api dengan fasilitas seperti di drama-drama Jepang?

4.Penang

Pulau Penang adalah tujuan wisata populer karena keragaman sejarah di George Town. Terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia, kota ini memiliki beragam warna budaya, arsitektur dan juga kuliner. Ketika memutuskan untuk mengujungi Penang, Anda harus benar-benar mengeksplor kota ini, entah itu dengan menggunakan mobil, sepeda, bus, atau taksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *