Kedutaan Besar Negara Djibouti

Kedutaan Besar Negara Djibouti

Bendera Djibouti terdiri dari dua garis warna sejajar warna biru muda (di bagian atas) warna hijau muda (di bagian bawah) dan garis segitiga dengan latar belakang berwarna putih serta sebuah bintang segi lima berwarna merah di bagian tengah segitiga putih.

Warna biru muda melambangkan langit dan laut serta suku bangsa Issa Somali; warna hijau muda melambangkan bumi dan bangsa Afar; warna putih melambangkan kedamaian; dan bintang segi lima berwarna merah melambangkan perjuangan kemerdekaan dan persatuan rakyat Djibouti.

Djibouti menganut sistem Republik semi-presidensial. Kepala pemerintahan Djibouti dipimpin oleh seorang presiden menunjukan seorang perdana mentru dalam membantu tugasnya. Sistem parlemen Djibouti mengadopsi sistem unicameral yang di jalankan oleh the National Assembly of Djibouti, yang terdiri dari 65 anggota parlemen yang terpilih dengan masa kerja selama 5 tahun. Walupun Djibouti mengadopsi sistem unikameral, Undang-undang Djibouti juga memperbolehkan dalam membentuk senat di Parlemen.

Baca juga: Kedutaan Besar Negara Samoa

Hukum dan praturan perundang-undangan di Djibouti mengadopsi beberapa elemen hukum, yang terdiri dari undang-undang hukum Perancis (French civil law), hukum Syariah (hukum Islam) serta hukum adat suku bangsa Somali dan Afar.

Sejak berlakunya sistem multipartai tahun 1999, Djibouti menjadi salah satu wilayah yang cukup stabil di Afrika. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan Djibouti sebagai pilihan markas pangkalan militer asing seperti Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Tiongkok dan beberapa negara lainnya.

Pemerintah Djibouti sangat bergantung pada pinjaman luar negeri dalam menyelesaikan berbagai proyek pembangunan infrastrukturnya, termasuk dalam hal ini pembangunan jalur kereta api dari Ethiopia dan pembangunan berbagai pelabuhan laut dalam.

Jumlah pinjaman luar negeri yang mencapai 80% dari GDP telah menimbulkan kekhawatiran dari IMF dan oleh karena itu Pemerintah Djibouti disarankan untuk menyusun ulang strategi peminjaman luar negeri mereka. Apabila Pemerintah Djibouti tidak mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi pada angka 6%, maka diperkirakan pada tahun 2021 hutang luar negeri Djibouti akan melebihi dari GDP.

Nama Resmi Negara :   Republik Djibouti, Republique de Djibouti

Bentuk Negara :   Republik

Ibukota:   Djibouti City

Luas Wilayah :   23.200 km2 (Indonesia: 1.990.250 km2)

Jumlah Penduduk :   969.732 (worldometers, 22 Mei 2018)

Lagu Kebangsaan :   Djibouti

Agama :   Islam 94%, Kristen 6%

Bahasa  :   Perancis dan Arab (bahasa resmi), Somali, Afar

Mata Uang : Djibouti Franc (DJF). Kurs: US$1 = DJF177,721 (Banque Centrale de Djibouti, 21 Mei 2018)

Hari Nasional : 22 Juni (Hari Kemerdekaan Djibouti)

Etnis/Suku : Somali 60%, Afar 35%, lainnya 5% (termasuk Perancis, Arab, dan Ethiopia)

Sistem Pemerintahan :   Republik semi-presidensial

Presiden :   Ismail Omar Guelleh

Perdana Menteri :   Abdoulkader Kamil Mohamed

Menteri Luar Negeri  :   Mahamoud Ali Youssouf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *