Kedutaan Besar Negara Bhutan

Profil Negara Bhutan

Nama Resmi : Kerajaan Bhutan (Druk Yul)
Ibukota : Kota Thimphu
Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional (sejak 2007)
Luas Wilayah : 38.394 km2
Jumlah Penduduk : 742.737 jiwa.
Agama Mayoritas : Buddha Tibet
Bahasa Resmi : Dzongkha, Bahasa Nepal di selatan
Mata Uang : Ngultrum
Perkapita : $2.730
Lagu Kebangsaan : Druk tsendhen

Pemerintahan Bhutan

Bhutan merupakan negara dengan bentuk pemerintahannya monarki konstitusional sejak tahun 2007, kepala negaranna ialah seoang raja sedangkan kepala pemerintahannya ialah seorang perdana menteri. Legislatif di Bhutan berbentuk parlemen engan pembagian atas majelis tertinggi dan majelis terendah. Raja Bhutan saat ini bernama Jigme Khesar Namgyel Wangchuck sementara perdana menterinya bernama Tshering Tobgay.

Penduduk Bhutan

Berdasarkan perhitungan terakhir, populasi penduduk Bhutan hanya sebesar 742.737 jiwa. Beberapa etnis yang ada di negara Bhutan ialah etnis Bhurtan, Ngalop, Sharchop, dan sisanya etnis Nepal. Mayoritas penduduk Bhutan menganut agama Budha Tibet dan menggunakan bahasa Dzongkha sebagai bahasa resmi untuk berkomunikasi seharihari.

Perekonomian Bhutan

Saat ini perekonomian Bhutan mulai menuju ke arah yang baik meskipun luas wilayah negara ini tidaklah seberapa, per kapita negara Bhutan saat ini ialah U$D 2.730/tahun, salah satu negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di kawasan Asia Selatan. Bhutan merupakan salah satu negara agraris sehingga mayorias penduduknya bekerja pada sektor pertanian, peternakan, dan kehutanan.

Wisata di Bhutan
Sepertihalnya negara Nepal yang berdekatan dengan kwasan pegunungan Himalaya, Bhutan juga merupakan salah satu negara yang letaknya berdekatan dengan pegunungan Himalaya. Bhutan ternyata memiliki beberapa destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Nah, berikut beberapa destinasi wisata menarik yang ada di negara Bhutan.

1. Kota Thimphu
Jika berkunjung ke Bhutan wisatawan wajib bertandang ke ibukota Bhutan yaitu kota Thimphu. Thimphu merupakan pusat dari pemerintahan, agama, dan bisnis di Bhutan. Thimpu termasuk kota yang unik dengan arsitektur-arsitektur bangunan yang cantik dengan mencampurkan kebudayaan modern dan kuno. Tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di kota Thimphu ialah seperti Stupa Bersejarah Memorial Chorten, Traditional Medicine Institute, museum cerita rakyat, museum tekstil dan masih banyak lagi.

2. Tiger’s Nest Monastery
Wisata menarik selanjutnya di Bhutan ialah Tiger’s Nest Monastery yaitu sebuah tempat pertapaan yang dibangun pada abad ke-8. Pertapaan ini dikenal sebagai salah satu temat terindah dan menakjubkan untuk melihat pemandangan alam yang ada di kerajaan Bhutan.

3. Bukit Phobjikha
Wisata menarik selanjutya di Bhutan ialah Bukit Phobjikha yaitu sebuah bukit es yang indah dan tenang, berwisata ke tempat ini akan membawa suasana seolah-olah wisatawan kembali pada suasana masa lampau.

4. Festival Punakha
Nah, Bhutan juga memiliki sebuah festival unik dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke sana. Festival Punakha merupakan sebuah festival yang penuh dengan warna dan keceriaan di Bhutan. Setiap tahun, penduduk lokal dan turis bersama-sama akan merayakan kejayaan Kerajaan Bhutan saat melawan penjajah pada abad ke-17.

5. Kuil Druk Wangyal Lhakhang
Bhutan juga dikenal akan keindahan arsitektur kuil dan bngunanya. Salah satu kuil terindah di Bhutan ialah kuil Drukwangyal Lhakhang yang terletak di Dochu La Pass, pahatan dan arsitektur dari kuil ini sangat berbeda dari kuil-kuil lain yang ada di negeri ini. Lokasi kuil yang juga berdekatan dengan pegunungan Himalaya tentu akan menambah kesan indah pada destinasi wisata yang satu ini.

6. Museum Nasional Bhutan
Nah, jika ke Bhutan juga jangan lupa untuk mengunjungi Museum Nasional Bhutan yang terletak di Paro Dzong. Di Museum ini wisatawan akan dibawa untuk dapat mengetahui sejarah kerajaan Bhutan secara lebih mendalam melalui topeng-topeng serta manukrip yang berumur ribuan tahun.

7. Kota Bhumtang
Selama di Bhutan wisatawan juga dapat mengunjungi kota Bumthang yang memiliki pesona tersendiri diantara kota-kota lainnya yang ada di Bhutan. Wilayah Bhumtang merpakan wilayah yang paling bernuansa spiritual di Bhutan karena kota ini merupakan salah satu kota agama yang ada di Bhutan. Tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi di kota Bhumtang ialah Empat lembah kecil yaitu Tang, Ura, Choekhor dan Chumey ada ditempat ini, beberapa tempat suci seperti Tamshing Lhakhang, Jambay Lhakhang, Kurje Lhakhang, Jakar Dzong, Konchogsum Lhakhang, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *