Kedutaan Besar Negara Armenia      

Kedutaan Besar Negara Armenia

Republik Armenia merupakan Negara landlock berbatasan dengan Turkui di barat dan Georgia di utara. Armania merupakan Negara Kristen pertama di dunia dan gereja pertama di Armenia dibangun pada abad IV masehi.

Selama berabad-abad negara ini berada di bawah kontrol Turki dan Persia sehingga banyak peninggalan budaya dan arsitektur di Armenia merupakan kombinasi dari berbagai tradisi kuno. Bahasa Armenia merupakan rumpun bahasa Indo-Eropa, namun abjadnya unik.

Republik Armenia pernah memproklamirkan kemerdekaannya pasca PD I namun hanya berlangsung hingga tahun 1920 ketika tentara Boshevik Rusia menggabungkan Armenia dalam persekutuan Uni Soviet. Ketika Soviet bubar pada tahun 1990, Armenia memperoleh kemerdekaannya namun pangkalan militer Rusia di Gyumri tetap dipertahankan.

Perekonomian Armenia kian parah akibat blockade perdagangan yang diterapkan pada Turki dan Azerbaijan akibat konflik di Nagorno-Karabakh, sebuah enclave di Azerbaijan yang mayoritas pendudukanya etnis Armenia. Perang besar pernah terjadi di Karabakh yang dilakukan etnis Armenia dan didukung pemerintah Armenia.

Gencatan senjata yang dicapai tahun 1994 hingga kini belum menghasilkan solusi masalah Nagorno Karabakh. Sedangkan konflik Armenia dengan Turki terkait klaim Armenia atas genosid yang dilakukan kerajaan Ottoman Turki di masa perang dunia I yang dibantah Turki.

Sejak kemerdekaan tahun 1991, diperkirakan Armania kehilangan seperempat penduduknya yang mencari kehidupan lebih baik di luar negeri. Jumlah diaspora Armenia berkisar 8 juta jiwa dan tersebar di lebih 70 negara, terbanyak di Rusia (3 juta), Amerika Serikat (1 juta), Iran, Perancis, Libanon, Georgia, Syria masing-masing berkisar 300 ribu orang.

Pada pemilu presiden Februari 2008, PM Serge Sarkisian (lahir tahun 1954 di Nagorno-Karabakh) berhasil memenangkan pemilu dengan perolehan suara 52.9%. Namun ribuan pendukung oposisi memprotes hasil pemilu tersebut yang dituduh manipulatif. Pengawas internasional dari Organisation for Security and Cooperation in Europe (OSCE) menilai pemilu cukup memenuhi standar internasional.

Serge Sarkisian adalah mantan tentara Soviet dan kemudian bekerja di komite pertahanan pada Republik Nagorno-Karabakh. Selanjutnya Sarkisian diangkat sebagai menteri pertahanan Armenia. Tantangan utama Sarkisian adalah memulai kembali perundingan konflik Nagorno-Karabakh. Dia pun berjanji akan memperbaiki standar hidup masyarakat Armenia.

Nama lengkap : Republik Armenia

Ibukota : Yerevan

Penduduk : 3 juta (UN, 2008)

Wilayah : 29,743 km2 (11,484 sq miles)

Bahasa utama : Armenian, Russian

Agama utama : Kristen

Usia penduduk : 68 tahun (pria), 75 tahun (wanita)

Mata uang : 1 dram = 100 lumas USD 1 = …. dram

Ekspor utama : berlian mentah dan telah diproses; mesin; produk metal; bahan makanan

PDB per capita : US $2,640 (World Bank, 2007)

Kode telepon internasional : +374

Baca juga: Kedutaan Besar Negara Kroasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *