Kedutaan Besar Laos

Alamat Kedutaan Besar Laos

alamat: Jl. Patra Kuningan XIV No. 1A, Kuningan
12950 Jakarta Selatan
Jakarta Indonesia

Telepon
(62 21) 522 9602

Fax
(62 21) 522 9601

E-mail
laoembjktof@hotmail.com

 

PROFIL NEGARA LAOS

Ibu kota : Vientiane
Bentuk Pemerintahan : Republik
Bahasa nasional Laos : Laos,palaungwa,Tai
Agama : Budha 50%,dan tribal
lagu kebangsaan : Sad lao tang te deum ma͛hun sulu sa you nei asie
Mata uang : Kip
Letak astronomis :14 LU- 22 LU DAN 100 bt -107 bt
luas negara : 236.804 km2
Jumlah penduduk : 5.787.000 juta jiwa di tahun 2010
Kemerdekaan : 19 Juli 1949 dari Protektorat Perancis

 

Bentuk pemerintahan Laos

Nama resmi negara Laos adalah republik Demokrasi Rakyat Laos yang memperoleh kemerdekaan dari protektorat Perancis pada tanggal 19 Juli 1949 ibu kotanya di Vientiane. Bentuk pemerintahan negara Laos adalah Republik dan Badan tertinggi pemerintah Laos adalah Dewan Rakyat Agama, ketua Dewan Rakyat Agama menjabat pula sebagai Kepala Negara dan Presiden Republik. dan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri.

Penduduk Laos
Laos memiliki jumlah penduduk sekitar 5.787.000 juta jiwa, di Laos kelompok etnis terbesar adalah Lao. Mereka membentuk hampir setengah dari populasi yang ada di negara Laos. Orang Lao, yang terkait dengan orang Thai dari tetangga Thailand, hidup di dataran yang berbatasan dengan Sungai Mekong dan anak-anak sungainya. Gunung-gunung di pedalaman Laos dihuni oleh berbagai kelompok etnis lainnya, seperti Meo (Hmong), Yao, dan Kha (atau Lao Theung). Mayoritas penduduk Laos berprofesi sebagai petani, yang menanam padi pada lahan irigasi Lembah Mekong. Ini adalah wilayah paling subur dan paling padat penduduknya di negara Laos. Orang-orang Laos kebanyakan hidup di desa-desa yang tersebar luas dan bercocok tanam di lahan-lahan kecil.

Perekonomian Laos

Laos merupakan salah satu negara berkembang di ASEAN dengan pendapatan perkapita hanya sebesar U$D 4.986 per tahun. Perekonomian Laos umumnya ditopang oleh berbagai sektor yang pertama adalah sektor agraris atau pertanian, Sektor pertanian mampu menyerap 72% tenaga kerja di Laos. Komoditas pertanian utama negara Laos adalah padi, kopi, kapas, jagung, sayur mayor. Sektor kedua adalah pariwisata, Laos ternyata mampu memperoleh penghasilan yang cukup baik di bidang pariwisata, banyaknya resort wisata di Laos menjadikan negara ini menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisata menarik di Asean. Selanjutnya di sektor Pertambangan, Hasil tambang yang ada di negara Laos adalah timah yang ditambang di daerah di Phonetiou, biji besi di Provinsi Xiangkhoang, tembaga di Provinsi Champasak, dan batu bara banyak ditambang di Luang Prahang, Vientiane, dan Provinsi Savamakhet. Selain itu, dua pertiga lebih wilayah Laos tertutup oleh hutan subtropis. Tentu hal ini membuat Laos menjadi negara yang kaya akan hasil hutan, Hasil utama kehutanan Laos adalah kayu jati dan kayu-kayu keras lain untuk komoditas ekspor. Terakhir sektor Perindustrian, Industri di Laos belum begitu berkembang. Beberapa industri yang terdapat di negara ini seperto penggergajian kayu, semen, rokok, minuman, korek api, plastik, dan industri kerajinan,

Tempat Wisata Terbaik Di Laos

Salah saktor penopang perekonomian negara Laos adalah sektor pariwisata, banyak spot wisata menari di negara bekas jajahan Perancis ini. Berikut wisata menarik yang ada di Laos.

1. Pha That Luang
Pha That Luang adalah sebuah candi Buddha besar di Laos dengan kombinasi emas pada arsitekturnya. Candi Pha That Luang terletak di pusat ibu kota Vientiane, Laos. Sejak awal pembentukannya yang diyakini pada masa abad ke-3, candi ini mulai mengalami beberapa renovasi sampai tahun 1930 karena invasi-invasi dari penjajah. Pada umumnya tempat wisata Pha That Luang dianggap sebagai monumen nasional yang terpenting dan sebagai simbol nasional. Arsitektur candi mencakup banyak referensi budaya dan telah menjadi simbol nasionalisme Laos. Pha That Luang terdiri dari tiga tingkat yang masing-masing menyampaikan refleksi dari bagian doktrin Buddha.

2. Air Terjun Luang Prabang
Air terjun Kuang Si yang berada daerah Luang Prabang. Air terjun ini sangat menarik dan indah karena memiliki beberapa bagian menyerupai tingkatan. di tempat ini terdapat sebuah situs yang dianggap suci sehingga di tutup untuk umum. terdapat banyak pondok kecil untuk para wisatawan beristirahat serta ada juga jembatan dan jalan untuk menuju kepuncak air terjun Kuang Si, Luang Prabang. Di Luang Prabang juga terdapat spot wisata lain seperti Royal Palace Museum, All Lao Elephant Camp, Wat Xien Thong (Golden City Temple), serta beberapa toko barang-barang unik, Mount Phousi dan beberapa tempat yang lainnya.

3. Buddha Park
Buddha Park atau sering dikenal sebagai Xieng Khuan merupakan sebuah taman patung yang terletak sekitar 25 km sebelah tenggara dari ibu kota Laos. Taman ini biasa disebut sebagai Wat Xieng Khuan dikarenakan mengandung unsur-unsur agama yang berbeda-beda. Buddha Park memiliki lebih dari 200 patung Hindu dan Budha sehingga pemerintah setempat membuat taman ini sebagai tempat wisata. Diperkirakan Buddha Park serta patung-patung di dalamnya di buat pada tahun 1958 oleh Luang Pu Bunleua ​​Sulilat.

4. c
Sungai Mekong destinasi wisata yang paling terkenal di Laos, Sungai ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Laos. banyak fenomena unik yang terjadi di tempat ini. mulai dari tempat ikan-ikan raksasa “Catfish Mekong” sampai munculnya bola naga api. di tepi sungai ini digunakan segabai tempat jual beli souvenir khas Laos, tempat makan dan tempat-tempat peristirahatan.

5. Wat Sisaket
Wat Si Saket adalah sebuah candi Buddha yang terletak di ibu kota Vientiane, Laos. Wat Si Saket dibangun pada tahun 1818 atas perintah Raja Anouvong (Sethathirath V.) dengan berasitektur buddha dengan bergaya siamese. Candi inii memiliki sebuah museum di dalamnya. Wat Si Saket terdiri atas dinding dengan 2.000 keramik lebih serta perak bergambar Buddha.

6. Bolaven Plateau
Bolaven Plateau merupakan daerah dataran tinggi yang terletak antara Pegunungan Annamite, perbatasan antara Laos dengan negara Vietnam. Ketinggian dataran tinggi ini berkisar 1.000 hingga 1.350 mete lebihr di atas permukaan laut. Dataran tinggi ini dilintasi oleh beberapa sungai dan memiliki banyak air terjun yang indah. Salah satu air terjun yang terkenal ditempat ini adalah Air terjun Tad Lo. Flora yang tumbuh disekitarnya membuat air terjun Tad Lo menjadi populer meskipun air terjun ini hanya memiliki ketinggian beberapa meter saja. Selain itu ada juga air terjun tertinggi di Laos bernama Taat yang memiliki ketinggian hingga 120 meter.

7. Gunung Phu Chi Fa
Selanjutnya adalah wisata gunung, Phu Chi Fa adalah gunung dan hutan taman nasional perbatasan antara Laos dan Thailand. Dengan pemandangan pegunungan yang memukau, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Laos dan juga Thailand. Dengan ketinggian berkisar antara 1200 hingga 1600 meter, suhu di tempat wisata Phu Chi Fa rata-rata sekitar 20 °C dan memiliki tiga musim panas, hujan, dan dingin yang dipengaruhi oleh angin muson tropis. Waktu yang cocok untuk mengunjungi gunung ini adalah saat matahari terbit agar dapat melihat indahnya sunrise di pagi hari.

8. Luang Prabang Night Market
Tempat yang satu ini merupakan salah satu pasar malam terbai yang ada di Asia. Pasar malam ini juga disebut-sebut sebagai pasar malam dengan suasana yang paling tenang di Asia. Di pasar ini, turis dapat berbelanja oleh-oleh khas Laos, setidaknya terdapat 300 penjual kerajinan khas Laos di pasar malam ini, seperti kerajinan tekstil, lukisan, dan tas

9. Vat Phou
Vat Phou atau Wat Phou merupakan kompleks candi Khmer Hindu. Wisata ini terletak di gunung Phu Kao, sekitar 6 km dari Sungai Mekong di provinsi Champasak. Awalnya disini terdapat candi berasal dari abad ke-5, tetapi sekarang hanya ada struktur candi dari abad 11 hingga abad ke 13. Candi ini memiliki struktur yang unik dan menjadi pusat ibadah Buddhis Theravada hingga saat ini. Vat Phou sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2001 oleh UNESCO.

10. Patuxai
Patuxai adalah sebuah monumen perang yang terletak di kota Vientiane, Laos. Patuxai dibangun antara tahun 1957 hingga tahun 1968. The Patuxai didedikasikan untuk orang-orang yang berjuang dalam memperebutkan kemerdekaan dari Perancis. Monumen ini juga disebut Patuxai Arch atau Arc de Triomphe dari Vientiane karena menyerupai Arc de Triomphe di Paris. Sistem air mancur musikal dipasang di taman yang disumbangkan oleh Cina. Tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menghilangkan penat di sore hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *