Kedutaan Besar Hongaria

Alamat:

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X/3, Kuningan
Jakarta Selatan
12950
Jakarta – Indonesia

Telepon
+62-21-520-3459
+62-21-520-3460

Fax
+62-21-520-3461

E-mail
mission.jkt@mfa.gov.hu

URL situs
www.mfa.gov.hu/emb/jakarta

Hongaria pernah menjadi bagian dari Dunia Celtik dan Kekaisaran Romawi. Setelah jatuhnya Romawi, bangsa Huns mendiami daratan Pannonia dan memberinya nama Hongaria.

2. Hongaria adalah orang pengembara dan diyakini pindah ke lembah sungai Carpathian dari Timur, di suatu tempat sekitar Gunung Ural. Di bawah kepemimpinan Arpad, Hongaria mengambil alih daratan tersebut sekitar tahun 895.

semestafakta-hungary map

3. Pada tahun 1000, Raja Stephen I (St. Stephen) mendirikan negara Hongaria, dan menerima Katolik sebagai agama resmi. Stephen dinobatkan dengan Mahkota Suci Hongaria dan diberkati oleh Paus. Mahkota tersebut sekarang disimpan di gedung Parlemen.

semestafakta-King Stephen I

4. Pada tahun 1241-1242, invasi bangsa Mongol menyebabkan kerusakan serius di Hongaria, dan separoh dari penduduk terbunuh atau dideportasi sebagai budak (1 juta orang). Setelah invasi, Raja Bela memerintahkan pembangunan sistem kastil batu yang kuat untuk melindungi Hongaria dari serangan selanjutnya. Serangan kedua bangsa Mongol dihentikan di Pest oleh tentara kerajaan dengan bantuan kastil ini.

semestafakta-King Béla

5. Setelah Turki menaklukkan tentara yang mengalahkan tentara kerajaan Hongaria di Mohacs pada tahun 1526, kemudian Hongaria dipecah menjadi tiga bagian sekitar tahun 1541, yaitu Kerajaan Hongaria, domoinion Habsburg, dan dominion Turki. Hal ini berlangsung selama 150 tahun sebelum Hongaria dapat mengatasi situasi ini, menyatukan kembali dan mengusir Turki. Setelah dominasi Turki, Hongaria menjadi bagian dominion Habsburg, di bawah kepemimpinan Ferenc Rakoczi II. Hongaria sebagian meraih kembali kemerdekaannya dan menandatangani perjanjian perdamaian di Szatmar pada tahun 1711.

6. Hongaria berdiri pada tahun 897, dan merupakan negara tertua di Eropa (sebelum Perancis dan Jerman berdiri dan sebelum penyatuan Kerajaan Anglo-Saxon).

7. Budapest adalah ibukota dan kota terbesar Hongaria dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa. Pada tahun 1873, Buda dan Obuda (Buda kuno) di pinggir sebelah barat sungai Danube bersatu dengan Pest di sebelah pinggir timur sungai, sehingga menjadi kota Budapest.

8. Budapest mempunyai banyak sumber air panas dibandingkan kota lain di dunia. Ada 70 juta liter air yang keluar ke permukaan setiap harinya. Sumber air panas tersebut memunculkan banyaknya pemandian-pemandian untuk kesehatan dan adisi mandi yang sudah biasa sejak zaman Romawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *