Kedutaan Besar Finlandia

Sunday, January 8th, 2017 - Uncategorized

Duta Besar : H.E. Mr. Dr. Kai Sauer

Alamat Kedutaan :
Menara Rajawali, 9th floor, Jalan Mega Kuningan, Lot No. 5.1 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta 12950
Telp. : (62-21) 576-1650
Fax. : (62-21) 576-1631
Email : sanomat.jak@formin.fi, finemb@dnet.net.id
Website : www.finembjak.com

Ibu kota : Helsinki

Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.

Tahun 2013, populasi Finlandia sekitar 5,5 juta jiwa dan mayoritas tinggal di kawasan selatana. Dari luas, negara ini menempati luasan kedelapan terbesar di Eropa dan negara yang memiliki kepadatan penduduk terendah di Uni Eropa. Finlandia adalah negara republik parlementer dengan pemerintah pusatnya di ibukota Helsinki, pemerintah lokal di 317 munisipalitas, dan daerah otonomi Kepulauan Åland. Lebih dari 1,4 juta jiwa tinggal di kawasan Helsinki Raya, yang menghasilkan sepertiga produk domestik bruto negara. Kota besar lainnya adalah Tampere, Turku, Oulu, Jyväskylä, Lahti, dan Kuopio.

Finlandia menggunakan sistem pemerintahan parlementer dan saat ini di pimpin oleh :
Presiden : Sauli Niinistö
Perdana Menteri : Juha Sipilä

Finlandia menggunakan sistem semi-presidensial dengan parlemen. Presiden Finlandia bertanggung jawab terhadap kebijakan luar negeri sedangkan kekuasaan eksekutif dijalankan oleh kabinetnya, Valtioneuvosto atau Statsrådet, yang terdiri dari perdana menteri dan menteri untuk berbagai departemen.

Parlemen Finlandia yang disebut Eduskunta atau Riksdag beranggotakan 200 orang dan merupakan otoritas legislatif tertinggi di negara tersebut. Parlemen ini bisa mengubah Konstitusi Finlandia dan mengalahkan hak veto presiden. Legislasi bisa diusulkan oleh kabinet ataupun dari anggota Eduskunta yang dipilih untuk empat tahun dengan representasi proporsional.

Baca Juga :

Kedutaan Besar Finlandia | admin | 4.5
link alternatif untuk login judi adu ayam online sm558 melalui android atau pc komputer, serta pendaftaran sm558 gratis.