Kedutaan Besar Bosnia dan Herzegovina

Kedutaan Besar Bosnia dan Herzegovina

Alamat:
Menara Imperium 11th floor
JL. H.R. Rasuna Said Kav. 1
12980 Jakarta – Indonesia
TELEPHONE : (+62) 21 837 03 022
FAX : (+62) 21 837 03 029
EMAIL : amb.dzakarta@mvp.gov.ba
WEBSITE OFFICE HOURS HEAD OF MISSION : Mr Muhamed Cengic, Ambassador

Bosnia dan Herzegovina
Ibu kota Sarajevo
(dan kota terbesar) 43°52′LU 18°25′BT
Bahasa resmi Tidak ada (de jure)
Bosnia, Serbia, dan Kroasia (de facto)
Pemerintahan Republik parlementer
 – Perwakilan Tinggi Valentin Inzko
 – Ketua Kepresidenan Dragan Čović
 – Anggota Kepresidenan Mladen Ivanić
Bakir Izetbegović
 – Perdana Menteri Denis Zvizdić
Legislatif Majelis Parlemen
– Majelis Tinggi Dom Naroda
– Majelis Rendah Predstavnički Dom/Zastupnički Dom
Kemerdekaan
– Penyebutan pertama kali 753
– Kebanan Bosnia 1154
– Kerajaan Bosnia 1377
– Ditaklukkan oleh Kesultanan Utsmaniyah 1463
– Pemberontakan Bosnia 1831
– Diduduki oleh Kekaisaran Austria-Hongaria 1878
– Dianeksasi oleh Kekaisaran Austria-Hongaria 1908
– Kemerdekaan dari Yugoslavia 1 Maret 1992
Luas
– Total 51.197 km2
– Perairan (%) 0,8
Penduduk
– Sensus 2014 3.871.643
– Kepadatan 75/km2
PDB (KKB) Perkiraan 2014
– Total $38.064 miliar
– Per kapita $9.833
PDB (nominal) Perkiraan 2014
– Total $17.977 miliar
– Per kapita $4.644
Gini (2013) 36,2 (sedang)
IPM (2014) Steady 0,731 (tinggi)
Mata uang Mark Bosnia dan Herzegovina (KM)
Zona waktu Waktu Eropa Tengah(CET) (UTC+1)
– Musim panas (DST) Waktu Musim Panas Eropa Tengah(CEST) (UTC+2)

Gambaran Umum
Bosnia dan Herzegovina, juga dikenal sebagai Republik Bosnia dan Herzegovina, adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² (19.741 mil2) dengan jumlah sekitar empat juta penduduk. Negara Bosnia dikenal dalam bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina dalam huruf Latin dan Босна и Херцеговина dalam huruf Sirilik; namun biasanya, dipendekkan menjadi Bosnia, BiH atau БиХ.

Negara ini didiami oleh tiga kelompok etnik yang utama: Bosnia, Serbia dan Kroasia. Warga Bosnia secara umum dikenali sebagai Bosnians dalam bahasa Inggris tanpa memandang bangsa mereka. Pemerintahan negara ini dilakukan secara terpencar, dan negara Bosnia sebenarnya terdiri dari persekutuan dua buah wilayah yang utama, yaitu, Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republika Srpska.

Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat, dan selatan, Serbia di timur, dan Montenegro di selatan, Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai Laut Adriatik yang sepanjang 20 km yang berpusat di kota Neum. Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan, dan juga sungai yang kebanyakan tidak bisa ditempuh. Ibu kota yang sekaligus kota terbesar ialah Sarajevo.

Sejarah Singkat

  • Yugoslavia terpecah-belah pada tahun 1991 setelah runtuhnya rezim-rezim Komunis di Eropa Timur. Mengikuti contoh Kroasia, dan Slovenia, pada bulan Maret 1992 Bosnia dan Herzegovina menyatakan kemerdekaannya melalui referendum yang diikuti oleh masyarakat Muslim, dan Kroasia Bosnia. Hal tersebut ditentang oleh penduduk Serbia yang ingin menguasai seluruh wilayah eks-Yugoslavia.
  • Di bawah pimpinan Radovan Karadzic, orang Serbia Bosnia memproklamasikan Republik Srpska. Dengan bantuan pasukan federal pimpinan Jenderal Ratko Mladic, orang Serbia Bosnia berhasil menguasai 70 persen wilayah negeri itu. Dalam konflik ini, etnis Serbia yang mayoritas berusaha melenyapkan etnis Muslim, dan Kroasia. Terjadilah pembantaian terbesar dalam sejarah yang jumlah korbannya hanya kalah oleh Perang Dunia. Pembunuhan, penyiksaan, dan pemerkosaan olah Kaum Serbia kemudian menyebabkan pemimpin-pemimpin Serbia ditetapkan sebagai penjahat perang oleh PBB. Dalam perkembangan terakhirpun mereka menyatakan tidak puas karena tidak berhasil membersihkan etnik Muslim-Bosnia.
  • Akhirnya, setelah perang berdarah yang berlarut-larut, perdamaian di antara ketiga kelompok tersebut berhasil dipaksakan oleh NATO. Sesuai dengan Kesepakatan Dayton tahun 1995, keutuhan wilayah Bosnia dan Herzegovina ditegakkan namun negara tersebut dibagi dalam dua bagian: 51% wilayah gabungan Muslim-Kroasia (Federasi Bosnia dan Herzegovina) dan 49% Serbia (Republik Srpska).
  • Kini negeri tersebut mulai menghirup perdamaian, dan ketiga belah pihak berusaha membangun saling percaya. Akan tetapi memang perlu waktu lama untuk menghapuskan permusuhan berabad-abad itu. Salah satu hal yang diusahakan untuk membangun saling percaya tersebut adalah mengadili para penjahat perang. Mantan Presiden Republik Srpska Radovan Karadžić berhasil ditangkap pada 21 Juli 2008, sementara mantan Panglima Tentara Federal Jenderal Ratko Mladic tertangkap pada bulan Mei 2011[5], dan sedang menjalani proses pengadilan di Mahkamah Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *